Selasa, 07 Mei 2013

Manfaat Vitamin B1 bagi Manusia


Sumber vitamin B1 (Thiamin) dan fungsinya bagi tubuh manusia. Vitamin B1 atau disebut Thimin sering digunakan dalam minuman berenergi karena sifatnya yang mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B1 juga mampu mengoptimalkan kerja otak. Diketahui konsumsi vitamin B1 yang bisa membuat otak lebih optimal adalah 1,1 mg untuk pria, 1,2 mg untuk wanita hamil, dan 1,4 mg untuk wanita menyusui.

Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan masalah pada daya ingat. Lalu kehilangan nafsu makan dan gangguan tidur seperti insomnia. Penyakit beri-beri juga disebabkan oleh kurangnya konsumsi vitamin B1.
Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena banyak sekali makanan yang mengandung Vitamin B1.
A. Daging, Ikan dan Telur
1. Daging
Daging dalam produksi kalengan ternyata mengandung 0,9 mcg vitamin B1. Lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin B1 pada buah dan sayuran. Jeroan mengandung vitamin B1 yang cukup banyak. Selain itu juga ada daging sapi yang juga banyak mengandung vitamin B1. Seperti hati pada daging sapi banyak mengandung vitamin B1. Terlebih lagi daging yang rendah lemak, lebih banyak lagi mengandung vitamin B1.
2. Ikan
Ikan tuna mengandung setidaknya dalam 4 ons mampu memenuhi 38% kebutuhan harian vitamin B1 dalam tubuh. Dengan begitu, sangat baik untuk mengkonsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1. Secara pasti, dalam 4 ons ikan tuna terkandung 0,57 mcg vitamin B1. Kemudian ada ikan Kuwe (pompano) yang mengandung 0,45 mcg vitamin B1 setiap sajian 100 gramnya. Lalu ada ikan salmon juga yang mirip kandungan vitamin B1-nya seperti ikan tuna. Selain itu, menggunakan suplemen seperti minyak ikan juga dapat membantu pemenuhan kebutuhan vitamin B1. Karena tidak semua orang menyukai jenis ikan yang mengandung vitamin B1 sehingga suplemen membantu untuk memenuhinya.
3. Telur
Telur adalah sumber makanan yang paling sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Seperti sarapan, jarang ada yang menggunakan sereal, namun telur bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi vitamin B1. Tentu tidak hanya untuk sarapan saja. Karena telur dihasilkan dari ayam dimana daging ayam juga mengandung vitamin B1 (walaupun lebih banyak kandungannya pada daging sapi dan babi). Oleh karena itu telur juga mengandung vitamin B1. Satu telur yang telah dimasak mengandung 0,03 mcg vitamin B1.
B. Biji-bijian dan Kacang-kacangan
biji-bijian seperti kacang kenari, kacang tanah, kacang brazil, kacang kering, kacang kismis merupakan kacang-kacangan yang mengandung vitamin B1. Namun jika kacang-kacangan ini dimasak, direbus, bisa kehilangan 30% dari kandungan vitamin B1 alaminya. Untuk itu kacang-kacangan bisa dikonsumsi langsung untuk mendapatkan vitamin B1 secara optimal. Seperti juga biji bunga matahari yang mengandung 1,48 mcg vitamin B1 dalam takaran 100 gramnya.
Lalu kacang pinus yang mengandung 1,28 mcg vitamin B1 dalam takaran 100 gramnya. Kacang pistachio juga mengandung vitamin B1. Dalam takaran 100 gramnya mengandung 0,87 mcg vitamin B1. Kacang macadamia mengandung vitamin B1 sebanyak 0,7 mcg dalam takaran 100 gramnya. Lalu juga ada kacang kemiri mengandung vitamin B1 sebanyak 0,66 mcg dalam takaran 100 gramnya.
1. Kacang Polong
Kacang polong sendiri mengandung 0,4 mcg vitamin B1 dalam takaran 100 gramnya. Saat kacang polong ini direbus, mengandung 27% vitamin B1 dengan pembagian per cangkirnya pada kacang polong dan kacang koro dengan berat sekitar 23% per cangkirnya. Selain itu ada kacang hitam yang mengandung 0,42 mcg vitamin B1 setiap cangkir pemenuhannya. Ada kacang lima atau buncis juga yang mengandung vitamin B1 sebanyak 24,7 mcg per satu cangkir kacang buncis. Jadi sangat banyak kacang-kacangan yang mengandung vitamin B1.
2. Kacang Hijau
Kandungan vitamin B1 pada kacang hijau 100 gram adalah 0,47 mcg. Kacang hijau ini banyak ditemukan di Indonesia. Bentuk olahan menjadi makanannya pun banyak macamnya seperti bubur kacang hijau, ketan roti kacang hijau, dan lainnya. Manfaat kacang hijau antara lain membantu penyerapan protein ke dalam tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan memaksimalkan kerja syaraf.
C. Buah-buahan yang mengandung Vitamin B1
1. Nanas
Pembahasan pertama ini akan dibahas buah-buahan yang mengandung vitamin B1. Pertama tentu buah nanas. Buah nanas dikenal buah yang hidup didataran tinggi telah banyak ditanam di Indonesia. Buahnya yang punya ciri khas berwarna kuning bersisik dan kecut. Banyak ditanam di daerah jawa barat, jawa timur, dan sumatera utara. Kandungan vitamin B1 pada nanas ini per 100 gram ini adalah 0,08 mcg. Buah ini bermanfaat untuk mencegah stress pada otak.
2. Jeruk
Untuk buah jeruk sendiri kandungan vitamin B1 ini tergantung dari macam-macam buah jeruk itu sendiri. Kandungan vitamin B1 pada jeruk nipis per 100 gram adalah 0,04 mcg. Kandungan vitamin B1 pada jeruk manis per 100 gram adalah 0,08 mcg. Kandungan vitamin B1 pada jeruk keprok per 100 gram adalah 0,07 mcg. Kandungan vitamin b1 pada jeruk bali per 100 gram adalah 0,04.
3. Anggur
Kandungan vitamin B1 pada buah anggur per 100 gram adalah 0,05 mcg. Buah ini bermanfaat untuk untuk mengobati kelelahan dan hiploglikemi dimana mengandung gula alami yaitu fruktosa dan glukosa. Selain itu juga mencegah penyakit jantung koroner sampai 50%. Selain itu buah anggur juga mencegah penyerapan kolesterol pada darah karena mengandung saponin.
4. Semangka
Kandungan vitamin B1 pada buah semangka 100 gram adalah 0,033 mcg. Buah semangka ini memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan metabolisme, serta mencegah terjadinya kerusakan syaraf. Buah ini khas. Dimana kulit buahnya keras berwarna hijau, dengan garis-garis hijau tua. Buahnya berawarna merah banyak mengandung air dan biji.
D. Sayuran yang mengandung Vitamin B1
1. Asparagus
Kandungan vitamin B1 pada buah-buahan sudah kita bahas. Kali ini akan dibahas pada sayuran. Yaitu sayuran asparagus. Kandungan vitamin B1 pada sayuran asparagus 100 gram adalah 0,143 mcg. Asparagus ini bisa di jadikan berbagai macam makanan seperti sup, dimakan langsung, salad, krim, atau sayuran pelengkap daging. Manfaat sayuran ini adalah dapat menjaga sistem pencernaan pada perut dan menurunkan berat badan.
2. Bayam
Kandungan vitamin B1 pada bayam 100 gram adalah 0,08 mcg. Sedangkan bayam sendiri memiliki manfaat seperti anti-inflamasi, mencegah resiko kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu bayam juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis dan diabetes. Sayuran ini berdaun hijau dan banyak ditanam di daerah-daerah di Indonesia.
3. Terong
Kandungan vitamin B1 pada terong 100 gram adalah 0,039 mcg. Terong ditanam di Indonesia tanpa mengenal musim. Bisa dimusim kemarau ataupun penghujan. Buahnya berwarna keunguan. Terong ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah kanker, memperlancar membuangan urin. Selain itu juga bermanfaat untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan batuk.
4. Paprika
Bagaimana kandungan vitamin B1 pada paprika 100 gram? Kandungan vitamin B1-nya adalah 22,0 mcg. Paprika ini buah yang seperti lonceng dengan beragam warna (jenis). Buah ini tidak memiliki pedas cabe, tapi pedas manis. Karena biji paprika tidak ikut termakan seperti cabe pada bumbu olahan masakan. Manfaat paprika sendiri meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penyakit mata, meningkatkan jumlah sperma pada pria, dan dan sumber antioksidan yang baik.
5. Brokoli
Kandungan vitamin B1 pada brokoli 100 gram adalah 10 mcg. Brokoli adalah sayuran yang unik dengan bentuk daun seperti jamur (tapi bukan jamur) yang berpangkal pada batang. Pohonnya kecil tapi kaya akan gizi. Brokoli bermanfaat untuk melawan berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus besar dan kanker lainnya.
6. Wortel
Kandungan vitamin B1 pada wortel 100 gram adalah 0,04 mcg. Wortel banyak sekali manfaatnya. Selain tentu wortel banyak mengandung beta karoten dimana dapat menjaga kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi, dapat mengatasi demam yang menyerang anak, kemudian menyembuhkan luka bakar, sampai mengatasi nyeri haid.
E. Sumber Vitamin B1 lainnya
1. Gandum
Kandungan vitamin B1 pada satu cangkir gandum mengandung 4,47 mcg vitamin B1. Untuk itu gandum bisa dikonsumsi untuk pemenuhan vitamin B1 secara harian. Walaupun sampai sekarang gandum lebih banyak di temukan pada sereal dibandingkan pada masakan lain. Karena gandum merupakan komoditi ekspor utama amerika serikat dan jarang ditanam di Indonesia. Selain itu gandum sudah lebih diolah dalam bentuk makanan seperti roti, kue, dan makanan lainnya. Karena gandum diolah menjadi tepung dan tepung itulah yang digunakan dalam bentuk makanan lainnya. Bisa juga menjadi bahan baku mie yang sering kita makan sehari-hari.
2. Sereal
Sereal termasuk makanan olahan modern. Karena di Negara maju, sereal sudah menjadi makanan wajib untuk kebutuhan pagi hari (sarapan). Memang di Negara berkembang seperti Indonesia sangat jarang dilakukan karena memang harga sereal bisa lebih mahal daripada makanan alami yang biasa di konsumsi di pagi hari (nasi, telur, mie, roti, dan lain-lain). Sereal sendiri merupakan produk dari gandum. Kandungan vitamin B1-nya cukup tinggi. Karena seperempat cangkir saja mampu memenuhi 0,5 mcg vitamin B1. Apalagi sereal ini bisa dipadukan dengan lauk pauk lainnya seperti daging dan ikan.
Nah, itu dia Manfaat Vitamin B1 bagi Manusia dan sumber makanan yang mengandung vitamin B1. yang diambil dari berbagai sumber Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar